Wednesday, July 21, 2010

PENYEBAB DARI MUSIBAH

Kalam Al-Habib Muhammad bin Idrus Alhabsyi

Al-Habib Muhammad bin Idrus Alhabsyi berwasiat kepada sebagian daripada muhibbin (orang-orang yang cinta) kepadanya:

Aku wasiatkan kepada kamu sekalian untuk selalu ingat pada Allah. Semoga Allah memberi keberkahan engkau dalam urusan menegakkan agama terhadap istri, anak dan para pembantu rumah tanggamu.

Hati-hati, jangan menganggap remeh masalah ini, kerana seseorang terkadang mendapatkan berbagai musibah dan gangguan disebabkan oleh orang-orang yang berada dibawah tanggungannya (anak, istri, dan pembantunya), kerana dia sebagai pemegang kendali rumah tangganya.

Diceritakan, pernah terjadi pada salah seorang dari Saadah Bani Alawy, yang juga termasuk salah seorang dari auliya’ yang selalu mengawasi gerak-gerik dirinya agar tidak sedikit pun menyimpang dari jalur Allah. Suatu hari dia ditakdirkan oleh Allah terkena suatu musibah, yaitu ditawan oleh penguasa pada waktu itu. Kemudian dia berpikir tentang dirinya, dosa apa yang menyebabkan dia boleh sampai terkena musibah tersebut.

Setelah terbebas dari tawanan penguasa itu, dia lalu pulang ke rumahnya dan mencari penyebab daripada musibah yang menimpa dirinya. Diperiksanya satu persatu anggota keluarganya, dari mulai istri, anak, sampai pada pembantunya. Setelah itu barulah dia mengetahui penyebab daripada musibah yang menimpa dirinya. Ternyata salah seorang pembantunya yang biasa memberi makan sapi miliknya tidak mengerjakan solat. Lalu dia berkata pada dirinya, “Jadi inilah penyebab saya sampai mengalami musibah itu.”




0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...